Kaum Hawa Harus Tahu Kapan Oli Gardan Minta Ganti, Berikut Ciri-cirinya!


Oli Gardan


"Adventure awaits, and I'm on my way."

- #ridergirl -

Motor menjadi teman baik bagi hampir semua orang dalam menunjang aktivitas sehari-hari, terutama emak-emak "tukang ojek." sebagai transportasi antar-jemput anak. Tetapi, sebagian tidak paham dengan alarm yang diberikan oleh kendaraan tersebut. Diantranya mengira bukan masalah serius, padahal sebenarnya adalah pertanda bahwa motor sedang kelelahan.

Indikasi paling umum ketika motor perlu dicek kesehatannya adalah muncul suara berisik di bagian tertentu pada body motor. Gejala lainnya bisa dengan adanya bau gosong saat mesin motor dinyalakan. Jika bau nya sangat menyengat, mungkin oli gardan sudah habis sehingga perlu segera diganti.

Maka dari itu, untuk kaum independen berjenis perempuan, jangan sekali-kali mengabaikan alarm yang diberikan oleh kendaraan agar urusan lancar dan terhindar dari drama motor ngadat di jalanan.

🏍 APA YANG DIMAKSUD OLI GARDAN?

Oli gardan adalah jenis pelumas yang berfungsi melumasi sistem transmisi CVT pada kendaraan matic. Oli gardan bekerja secara otomatis melicinkan komponen transmisi agar gerakannya lebih halus. Adapun komponen transmisi yang dimaksud ialah gigi-gigi, roda serta differential.

🏍 KAPAN HARUS GANTI OLI GARDAN?

Normal nya, oli gardan diganti setiap 2 atau 3 bulan sekali, namun interval waktu ini bisa disesuaikan dengan frekuensi pengunaan kendaraan itu sendiri.

Akan tetapi, supaya performa kendaraan selalu prima dan sistem transmisi tidak overheating, ada baiknya jika oli gardan motor matic diganti secara berkala.

oli gardan matic
Image by Google

Sesuai pengalamanku selama ini, apabila oli gardan jarang diganti sedangkan kendaraan digunakan terus-menerus setiap hari, maka akan muncul beberapa tanda-tanda sebagai berikut: 👇

  • Timbul suara bising dari box CVT, seperti suara kletek-kletek saat motor dikendarai
  • Stang atau body motor terasa bergetar
  • Kendaraan terasa berat dan lamban padahal sudah mencapai batas kecepatan maksimum

Selain tiga di atas, masih ada ciri-ciri lain yang menandakan oli gardan habis, yaitu:

  • Suhu gardan tinggi alias kendaraan jadi overheating
  • Bearing gardan goyang lalu muncul suara kasar ketika laju kendaraan bertambah
  • Muncul bau tidak sedap atau bau gosong adalah ciri oli gardan habis yang paling mudah dideteksi
  • Terjadi kebocoran pada gardan yang menandakan oli sudah benar-benar habis

🏍 REKOMENDASI MEREK OLI GARDAN UNTUK MOTOR MATIC

Sebenarnya, tidak ada patokan pasti kapan oli gardan harus diganti. Namun beberapa ahli otomotif menyarankan agar pergantian oli gardan menggunakan rumus 2:1. Artinya, ganti oli gardan setiap 2 kali oli mesin diganti.

Menurutku, ini rumus paling mudah untuk diingat saat akan pergi ke bengkel. Dengan begitu, kondisi oli gardan akan selalu terpantau sehingga pengendara terhindar dari dampak kehabisan oli gardan.

Lalu, ketika kaum hawa seperti ku yang hanya mengerti cara mengendarai motor tanpa paham perawatan nya kembali dilanda kebingungan dengan variasi oli gardan yang terpajang di etalase bengkel.

Alhasil, aku meminta rekomendasi kepada montir agar diberi merek oli gardan Beat yang bagus. Kemudian, si montir merekomendasikan X-Ten Oli Gear Matic untuk motor kesayangan aku.

FYI, oli gardan ini compatible untuk banyak jenis motor matic, guys. Tidak hanya Beat, melainkan juga bisa untuk All New Scoopy, Vario, Mio hingga motor sejenis Spin, Spacy, dan Soul GT. Harganya pun terjangkau, cuma Rp. 19.000,00 saja 😎

Oli gardan Beat
Image by Planet Ban
 

Kamu bisa mendapatkan oli ini di seluruh store Planet Ban. Nah, supaya lebih fleksibel, bawa saja kendaraanmu ke Planet Ban. Kamu hanya perlu duduk manis dan menunggu selesai. Sebab ketika membeli oli gardan di Planet Ban, kamu akan mendapat benefit gratis pasang, cek kendaraan dan tentu saja, produk asli yang bergaransi 👌 Cocok banget, nih bagi kaum hawa yang nihil dengan persoalan mesin dan perawatan motor.


10 comments:

  1. Aku juga pakai rumus 2:1 untuk mengganti oli gardan, Kak. Setiap 2 kali ganti oli mesin, 1 kali ganti oli gardan. Alhamdulillah mesin motorku masih mulus dan masih optimal untuk dibawa bepergian jarak jauh.

    ReplyDelete
  2. Planet Ban ini membantu banget sih ya, khususnya buat mamak-mamak kayak saya, karena store cabangnya ada di mana-mana, jadi memudahkan banget ketika butuh nggak bingung nyarinya.
    Dan mas-mas mekaniknya selalu ramah dan informatif menjelaskan hal-hal yang awam buat kebanyakan mamak-mamak

    ReplyDelete
  3. Pesan moral yang penting dicatat dari tulisan ini adalah JANGAN CUMA BISANYA MAKE aja ya Mbak. Apalagi yang berhubungan dengan sarana transportasi yang kita gunakan sehari-hari. Karena "kesehatan" alat transportasi kita berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan kita juga.

    ReplyDelete
  4. Saya kemarin baru saja ganti oli mesin, Mbak. Dan sekalian saja saya juga ganti oli gardan. Walau oli gardan lebih lama gantinya dibandingkan oli mesin, tapi sekalian saja. Daripada bolak-balik ke bengkel.

    ReplyDelete
  5. Huhuhu suer, dijelasin panjang lebar oleh anakku tentang mesin apalagi tentang oli, tetap bingung
    Jadi ngandelin anakku aja deh yang setiap pulang ke Bandung bakal langsung bawa sepeda motor ke Planet Ban agar sepeda motor bisa digunakan tanpa kendala

    ReplyDelete
  6. Kok tahu siiii...Aku tuh engga paham soal kapan harus ganti oli. Apakah kerasa atau engga pas pemakaian kapan harus ganti olinya.
    Trims artikelnya. Jadi lebih paham soal permesinan motor matic deh...

    ReplyDelete
  7. Jelas banget ya tanda-tanda harus ganti oli gardan. Jadi begitu nggak nyamannya, lho. Tapi ya gitu deh, kadang cuek aja selama motor masih bisa jalan. Harus segera insaf, nih.

    ReplyDelete
  8. Sering banget nih aku mengalami hal-hal di atas, aku pikir memang ada yang salah dengan motorku, ternyata solusinya tinggal ganti oli gardan yaa.. harus banyak belajar lagi nih dalam merawat motor.

    ReplyDelete
  9. Nice information buat aku yg gatau apa-apa tentang mesin. Pernah sekali di suruh suami ganti oli. Setelah sampai bengkel, ditanya sama mb admin mau ganti oli apa. Langsung bingung, mana ga bawa hp pula. Alhamdulillah betul olo yg di ganti, oli mesin. Ehehhe

    ReplyDelete
  10. Iya banget, siapa pun yang punya motor atau kendaraan, harus banget deh rajin servis kendaraannya. Termasuk ganti oli secara rutin. Biar mesin kendaraan memberikan performa yang optimal. Cewek apalagi deh. Soalnya cewek seringkali abai ya.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.